Selasa, 21 Maret 2017

Biografi William Hanna


William Denby "Bill" Hanna (lahir 14 Juli 1910 – meninggal 22 Maret 2001 pada umur 90 tahun) adalah seorang animatorsutradaraproduser, dan kartunis Amerika Serikat yang terkenal atas karyanya berupa karakter kartun yang menghibur jutaan orang di sepanjang abad ke-20
Saat masih anak-anak, keluarga Hanna hidup berpindah-pindah, namun mereka mulai menetap di Compton, California, pada tahun 1919. Di sana, Hanna bergabung dengan gerakan pramuka. Hanna lulus dari Compton High School pada tahun 1928. Ia kemudian kuliah di Compton City College, namun tidak selesai karena terjadinya Depresi Besar.
Setelah bekerja serabutan di bulan-bulan pertama Depresi Besar, Hanna bergabung dengan studio animasi Harman and Ising pada tahun 1930. Selama periode 1930-an, Hanna terlibat dalam pembuatan beberapa film animasi seperti Captain and the Kids. Pada 1937, saat bekerja di Metro-Goldwyn-Mayer (MGM), Hanna bertemu dengan Joseph Barbera. Dua pria ini mulai bekerja sama untuk memproduksi serial animasi yang kemudian melahirkan Tom and Jerry. Pada tahun 1957, mereka berdua mendirikan Hanna-Barbera, yang kelak menjadi studio animasi televisi paling sukses dalam bisnis, memproduksi program-program animasi seperti The FlintstonesThe Huckleberry Hound ShowThe JetsonsScooby-DooThe Smurfs, dan Yogi Bear. Pada 1967, Hanna–Barbera dijual pada Taft Broadcasting seharga $12 juta, namun Hanna dan Barbera tetap menjadi kepala perusahaan hingga tahun 1991. Pada 1996, studio tersebut dijual pada Turner Broadcasting System, yang kemudian bergabung dengan Time Warner, pemilik Warner Bros.; Hanna dan Barberra tetap menjabat sebagai penasihat di perusahaan tersebut.
Hanna dan Barbera telah memenangkan tujuh Academy Awards dan delapan Emmy Awards. Kartun-kartun mereka telah menjadi ikon budaya, dan karakter kartun mereka juga telah muncul di media lain seperti filmbuku, dan mainan. Karya Hanna–Barbera telah disaksikan oleh sekitar 300 juta pemirsa di seluruh dunia saat masa kejayaan mereka pada tahun 1960-an, dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 28 bahasa.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/William_Hanna



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

lagu blog

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Unordered List

Dragonball Z - Trunks

Pages

Theme Support

Flag Counter